Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa

Cahyaning Raheni(1*)
(1) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.31934/jsm.v5i2.289

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media social terhadap minat beli konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu. Definisi Operasioanl dalam penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu variable bebas  adalah Media Sosial (X) dan  variable terikat adalah Minat Beli (Y).  Indikator dari variable X adalah kemudahan dalam bertransaksi, kepercayaan terhadap media social. Adapun indikator dari variable Y adalah  Minat Transaksional, Minat refrensial, Minat preferensial, dan Minat eskploratif.Minat Transaksional yaitu kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk kepada orang lain. Minat preferensial, yaitu minat yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki prefrensi utama pada produk tersebut.Preferensi ini hanya dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk prefrensinya.Minat eksploratif, minat ini menggambarkan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari produk tersebut.

 

 

Keywords


Media Sosial; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Indika, R, Deru dan Jovita, Cindy. 2017. Media social Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Vol 01 No 01 Juni 2017 Hal.25-31.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson:Prentice hall

Lovelock,Christoper dkk. 2013. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jilid 2 Edisi Ketujuh, Erlangga.

Kadir, H. A., & Rajindra, R. (2018). PUBLIC SERVICE ANALYSIS ON IMPROVING COMMUNITY SATISFACTION. Jurnal Sinar Manajemen, 5(1), 69-73.

Putri, Sugianto, Citra. 2016.Pengaruh Media Sosial Tehadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie melalui Minat Beli.Jurnal Manajemen dan Strat-up Bisnis Vol 1, No 5, Desember 2016. Universitas Ciputra.

Setiawati, Mila. 2015. Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengairan. Artikel Ilmiah, Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengairan.

Sugiono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sinar Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JSM View My Stats

INDEXING


p-ISSN 2337-8743 || e-ISSN 2598-398X

Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Redaksi: Jalan Hang Tuah, Palu – 94118 (Sulawesi Tengah)
Telp: +6282148454342
e-mail: jsm.fe.umpalu@gmail.com

Flag Counter

Copyright Notice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.