Analisis Resiko Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Syamsul Riyadi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-IlmuSosial, Universitas Fajar Makassar
  • Rustan Rustan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-IlmuSosial, Universitas Fajar Makassar
Keywords: Rasio Keuangan, Altman Z-Score.

Abstract

Memaksimalkan nilai perusahaan setiap perusahaan berkepentingan dengan pengukuran kinerjanya, Kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba adalah fokus yang utama dalam penilaian kinerja perusahaan, oleh karena laba bukan saja sebagai indikator kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban penyandang dana tetapi juga sebagai unsur penciptaan nilai perusahaan yang memperlihatkan prospek perusahaan dimasa mendatang. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh tingkat kebijakan hutang (leverage). Kebijakan hutang yang dilakukan perusahaan tentunya mengandung resiko, perusahaan akan dihadapkan pada pengeluaran yang bersifat tetap dan tentu saja biaya tersebut mengandung risiko.

 

References

Djunaedi, Zulkifli. 2005. Prinsip Dasar Manajemen Risiko (Risk Management). FKM UI, Depok.

Erwanda, Ade. 2012 Pengaruh Profitabilitas, Risiko Finansial Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung.

Hidayat, Muh. Arif. 2013, Prediksi Financial Distress Perusahaan Manufaktur Di Indonesia Menggunakan Metode ALTAMN Z-SCORE. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang .

Lamhot, Manurung. 2014. Analisis Industri Manufaktur Di Provinsi Sumatra Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Mastuti, Firda. 2012. Studi Pada Perusahaan Plastik dan Kemasan Yang Terdaftar (Listing) Di Bursa Efek Indonesia Periode tahun 2010-2012). Skripsi. Malang; Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Manullang, 2004. Dasar – dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada Universty Press.

Munawir. 2002. Analisis Rasio Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur. Riau: Fakultas Ilmu Ekonomi.

Platt, H., dan M. B. Platt. (2002). Predicting Financial Distress. Journal of Financial Service Professionals, 56: 12-15.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saifi, Muhammad. 2010. Manajemen Keuangan, PT. Indeks; Kembangan Jakarta Barat.

Solikin, Ali. 2010. Pengaruh Variabel-Variabel Resiko Suku Bunga, Resiko Kurs Dan Resiko Financial Terhadap Return Saham. Bekasi; Fakultas Ekonomi Unikom.

Wasana. 2010. Analisis Laporan Keuangan (Edisi 10,Buku 1), Salemba Empat; Jakarta.

Published
2018-08-30
How to Cite
Riyadi, S., & Rustan, R. (2018). Analisis Resiko Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Sinar Manajemen, 5(2), 74-81. https://doi.org/10.56338/jsm.v5i2.288
Section
Articles