PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL SALES PROMOTION GIRL ROKOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

  • Mujahid Mujahid Universitas Fajar Makassar
  • Ilham Safar Universitas Fajar Makassar
  • Wulandari Rantalemba Universitas Fajar Makassar
Keywords: Komunikasi, Verbal, Non Verbal, dan sales

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panggung depan (front page) atau panggung belakang (back stage) dari seorang sales promotion girls. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi dramaturgi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam terhadap subjek penelitian, serta melakukan observasi langsung terhadap subjek. Temuan  penelitian ini adalah kehidupan seorang sales promotion girls merupakan satu topik utama yang dibicarakan di masyarakat yang awam dengan pekerjaan ini dan menimbulkan asumsi yang negatif. Ada sebagian seorang SPG yang berperilaku keluar dari aturan atau norma-norma yang bertentangan di masyarakat kita, baik itu secara sosial, budaya, maupun agama, di sini ia memakai pakaian yang begitu senonoh yang apabila dilihat masyarakat luar akan memberikan kesan negatif bagi pencitraan dirinya. Semuanya ia lakukan karena menuntut keprofesionalan pekerjaannya dan yang tidak lain karena kebutuhan financial atau kebutuhan materi. Akan tetapi, kita sebagai penonton tidak bisa memandang sebelah mata terhadap seorang SPG tersebut. Sementara penelitian ini merekomendasikan sebaiknya masyarakat agar tidak mudah untuk menilai seseorang. Khalayak tidak bisa menyimpulkan segala sesuatu dengan kasat mata tanpa mengetahui benar-benar bagaimana keseharian orang itu di belakang layar, karena bisa saja apa yang dilakukan di depan layar dikarenakan tuntutan profesi bukan karena ia yang sebenarnya.

 

References

Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi

Kotler, Philip, 2001, Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan. Implementasi, dan Kontrol . Jakarta : PT. Prehallindo.

Wijayanti, Titik, 2012, Marketing Plan! Dalam bisnis second edition, Jakarta, PT Elex Media Komputindo

Wood, Julia T. 2013. Komunikasi Interpersonal dalam interaksi Keseharian, Jakarta: Salemba Humanika

Published
2020-06-02
How to Cite
Mujahid, M., Safar, I., & Rantalemba, W. (2020). PERAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL SALES PROMOTION GIRL ROKOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Sinar Manajemen, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.56338/jsm.v7i1.1092
Section
Articles